Studi Ekskursi Mahasiswa Elektro 2018

Tuban. Untuk menambah wawasan di dunia kerja, Fakultas Teknik prodi Elektro mengadakan studi ekskursi (27/3). Di dunia kerja, istilah tersebut memiliki nama lain kunjungan industri. Yaitu, kunjungan ke sebuah tempat industri penyedia barang maupun jasa. Tempat yang menjadi tujuan studi ekskursi kali ini adalah PLTU Tanjung Awar-Awar, Tuban. Pembangkit listrik tenaga uap tersebut, merupakan bangunan pembangkit listrik yang masih baru, dibangun tahun 2006, selesai tahun 2012. Karena kondisinya yang masih baru dan lokasinya yang dekat dengan Surabaya, membuat mahasiswa prodi elektronika Universitas Bhayangkara Surabaya ingin mengetahui bagaimana proses industri di PLTU Tanjung Awar-Awar.

Berangkat dari Surabaya sekitar jam 9 pagi, setelah sampai di sana, disambut oleh bagian Sumber Daya Manusia (SDM). Mahasiswa semester 6 dan 8, serta beberapa dosen, diajak untuk mengenali PLTU secara umum di Gedung Administrasi. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling PLTU dengan menggunakan bis, mulai dari control built, warehouse, coal yard, ash yard, jetty, ship loaded, switch yard, gudang, laboratorium, dan beberapa lokasi lain.

 

Pada saat berkeliling, mahasiswa Ubhara juga tidak dibiarkan begitu saja. Karena saat berkeliling menggunakan bis, didampingi oleh Pak Dedy Dwi dan rekan. Sehingga selama berkeliling, ada penjelasan lebih detail tentang area yang ada di PLTU. Hasil yang diharapkan mahasiswa Ubhara adalah, lebih paham tentang proses pendistribusian listrik, dan bagaimana memproduksinya.


Terima Kasih Sebanyak-Banyaknya kepada PT. PJB PLTU Tanjung Awar-Awar.

Sumber