Perpustakaan Online mudahkan Akses Baca Mahasiswa

Ubhara. Membaca adalah kebutuhan pokok bagi mahasiswa, perpustakaan salah satu infrastruktur pengembangan intelektual, proses intelektual manusia tidak lepas dari proses membaca. Membaca sebagai sebuah aktivitas mencerminkan bagaimana seorang individu mau berkembang dan melihat cakrawala ilmu lebih luas. Membaca dalam konteks keingintahuan adalah sebuah hal sangat mulia untuk dilakukan. Maka tidak heran apabila setiap orang mengatakan bacalah selagi kau masih ada.

Perpustakaan Universitas Bhayangkara Surabaya menyediakan berbagai macam fasilitas yang memudahkan mahasiswa maupun dosen mengakses pengetahuan secara mandiri. Perkembangan teknologi mendorong Perpustakaan Ubhara banyak berbenah. Baik dalam hal pengadaan sarana prasarana, buku, majalah, jurnal maupun melalui on line. Hal ini berpengaruh pada jumlah pengunjung perpustakaan semakin meningkat. Pelayanan mudah, cepat dan ramah menjadi motto kami, kata Rinawati, S.Sos Kepala Perpustakaan Ubhara.

Produk baru perpustakaan Ubhara dapat di akses oleh public diantaranya Digital Library, catalog On Line, jurnal On line, serta buku tamu on line. Publik Website resmi perpustakaan Ubhara Surabaya adalah http://www.ubhara-library.com, Perpustakaan Ubhara bekerjasama dengan ITS dalam melakukan proses pembuatan Website Perpustakaan Online. Para dosen dapat mengunggah atau mengunduh karya tulis sebagai syarat jabatan akademik kepangkatan (Jafa). Sedangkan Katalog OnLine sebagai sarana publikasi skripsi maupun untuk mengecek koleksi buku, dapat diakses melalui catalog.ubhara-library.com. Untuk mengetahui jurnal yang di publis dpat di akses di jurnal.ubhara-library.com. Dengan fasilitas baru tersebut mahasiswa atau dosen juga dapat mengakses buku, jurnal melalui computer maupun laptopnya masing-masing.

Pelayanan baru yang sedang dirintis adalah buku tamu on line menggunakan barkot reader. Pengunjung perpustakaan yang terletak di gedung student center lantai 2 tersebut dapat melayani dirinya sendiri untuk mengisi buku tamu on line. Rinawati menuturkan, untuk menambah koleksi buku kuliah perpustakaan memberikan peluang bagi Dosen mengusulkan buku-buku yang diperlukan. Untuk menggairahkan minat baca perpustakaan sedang mengagendakan acara palatihan menulis, lomba karya tulis, bedah buku maupun bursa buku murah, tambahnya. (del_hum).

Sumber