31 Oktober 2014

Studi Banding ke IOP Unair dan IO ITS Surabaya

Admin

new-picture-3

Unair dan ITS Surabaya, Kamis, 30 Oktober 2014, Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya melakukan Studi Banding ke International Office and Partnership (IOP) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Delegasi kunjungan adalah Wakil Rektor I (Dr. A. Djoko Sumaryanto, SH, MH.), Kepala Lembaga Kerjasama-Dalam dan Luar Negeri (Amirullah, ST, MT.), Kabag Kerjasama Luar Negeri (Diana Rapitasari, SE, MM.), dan Kabag Kerjasama Dalam Negeri (Juli Nurani, SH, MH.), dan Kabag Publikasi dan Informasi (Puguh Wawan, ST.). Studi banding ini merupakan bagian dari implementasi kegiatan Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan International (PKKUI) Ubhara Surabaya 2014 Batch II, Kategori PT Kelompok II (Pengembangan Kerjasama) dengan judul Program “Pengembangan Kerjasama Luar Negeri Universitas Bhayangkara Surabaya untuk Mewujudkan Perguruan Tinggi yang Unggul, Kompetitif, dan Beretika menuju World Class University”. Program PKKUI 2014 merupakan lanjutan dari program sejenis pada tahun lalu Kategori PT Kelompok I dengan program berjudul “Upaya Percepatan Internasionalisasi Institusi melalui Penguatan Peran Lembaga Kerjasama Universitas Bhayangkara Surabaya”. Pada kunjungan ke IOP Unair, delegasi Ubhara Surabaya diterima oleh Deputi (David Segoh, MA) dan jajaran staf IOP Unair. Keesokan harinya, Jumat, 31 Oktober 2014, dengan personel yang sama, delegasi Ubhara Surabaya juga melakukan kunjungan studi banding ke International Office ITS Surabaya. Rombongan diterima oleh Wakil II (Dr. Eng. Unggul Wasiwitono) dan jajaran staf IO ITS Surabaya.

new-picture-4

Pada kunjungan Studi banding ke IOP Unair dan IO ITS Surabaya dilakukan kegiatan: (1) Diskusi dan sharing kegiatan yang sudah dikembangkan oleh kedua lembaga untuk memperkuat kerjasama luar-negeri, (2) Pengalaman kedua lembaga ketika merekrut mahasiswa asing, (3) Diskusi masalah implementasi kurikulum internasional bagi mahasiswa asing di kedua institusi, khususnya dalam hal pencapaian target dan kendala-kendala yang dihadapi, (4) Model dan strategi penggalangan mitra atau partnership oleh kedua lembaga di luar negeri, (5) Informasi penjaringan beasiswa, MoU, MoA, dengan mitra luar-negeri, (6) Pengalaman kedua lembaga dalam implementasi program PKKUI, (7) Pengelolaan dan promosi kampus oleh kedua lembaga kepada perguruan tinggi mitra di mancanegara. Hasil studi banding ke IOP Unair dan IO ITS Surabaya sangat bermanfaat bagi Lembaga Kerjasama (Dalam dan Luar Negeri) sebagai masukan dan inisiasi model pengembangan kerjasama luar negeri Ubhara Surabaya menuju World Class University, sesuai dengan Tema PKKUI Ubhara Surabaya 2014 Bacth II (Pengembangan Kerjasama) (Mir_Lks).

Share

24 Oktober 2014

Serah Terima dan Lepas Sambut Rektor

new-picture

new-picture-1

new-picture-2

Ubhara Surabaya, Pada Rabu, 22 Oktober 2014 jam 09.00 s/d 10.00 WIB dilaksanakan acara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya dari Brigjend. Pol. (Purn.) Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum (Periode 2006 s/d 2014) kepada Brigjend Pol. (Purn.) Drs. Edy Prawoto, SH, M.Hum (Periode 2014 s/d 2018). Rektor baru UBHARA Surabaya dilantik oleh Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti Jawa-Timur (YBBDJ) Brigjend. Pol. (Purn.) Drs. Sugiyono, MM., di ruang seminar Graha Bhayangkara. Acara pelantikan dan serah terima dihadiri oleh Pembina dan Pengurus YBBDJ, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Kaprodi, Kepala Lembaga/Badan/Biro dan Unit di Lingkungan UBHARA Surabaya. Pada acara tersebut Pembina YBBDJ membacakan Surat Keputusan (SK) Ketua Pembina YBB Pusat tentang pemberhentian  Brigjend Pol. (Purn.) Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum., dan pengangkatan dalam jabatan Brigjend. Pol. (Purn.) Drs. Edy Prawoto, SH, M.Hum., sebagai Rektor UBHARA Surabaya Periode 2014 s/d 2018. Usai acara selanjutnya dilakukan pemberian ucapan terima-kasih dan selamat oleh para undangan kepada Mantan Rektor dan Rektor UBHARA Surabaya terpilih.

Jam 10.00 s/d 13.00 WIB, kegiatan bergeser ke aula pertemuan Graha Bhayangkara Lantai 2 sebagai lokasi acara lepas sambut Mantan dan Rektor Baru UBHARA Surabaya Periode 2014 s/d 2018. Pada sambutan pelepasan, Brigjend Pol. (Purn.) Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum., menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan beliau untuk memajukan UBHARA Surabaya berkaitan dengan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi, Peningkatan Sarana Prasarana Kampus, Penuntasan Renovasi Masjid An-Nur, Pavingisasi Jalan Lingkar Kampus, Pembangunan Gedung Laboratorium dan Bank Mini di Fakultas Ekonomi, dan upaya penguatan kerjasama luar-negeri UBHARA Surabaya menuju World Class University. Dalam sambutan pelantikan  Brigjend. Pol. (Purn.) Drs. Edy Prawoto, SH, M.Hum mengucapkan terima-kasih atas sejumlah upaya dan langkah yang telah dilakukan oleh rektor sebelumnya sekaligus menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan tantangan bagi beliau untuk meneruskan dan menciptakan program unggulan supaya kampus kedepan semakin maju dan berkembang sesuai visi misi terbaru UBHARA Surabaya “Pada Tahun 2030 Menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang Unggul, Kompetitif, dan Beretika, serta mampu memenuhi harapan masyarakat dan Kepolisian Republik Indonesia”. Acara lepas sambut dihadiri oleh Wakapolda Jatim, Ketua Pembina dan Pengurus YBBDJ, mantan rektor, pejabat, dosen, karyawan, perwakilan BEM, dan civitas academika UBHARA Surabaya (Mir_Lks).

Share

23 Oktober 2014

Comcustic unjuk kebolehan

Admin

komkustik

Fisip Ubhara. Comcustic perform perdana pada lepas sambut Rektor Universitas Bhayangkara (Rabu, 22 Oktober 2014). Kelompok akustik besutan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Fisip Ubhara surabaya tersebut telah di louncing beberapa bulan yang lalu, ujar wawa salah satu personil pemegang guitar tersebut. Saat perform comcustic menyanyikan dua lagu “lawas” yang cukup menghibur. Wawa dan afrizal cukup piawai memainkan guitar akustiknya sedangkan anti dengan suara khas melantunkan lagu-lagu bergenre pop modern.

Penampilan Comcustik sebagai musik pembuka pada lepas sambut Rektor Ubhara Surabaya dari Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum kepada penggantinya Drs. Edi Prawoto, SH, M.Hum merupakan pemberian penghormatan pada pergantian pucuk pimpinan Ubhara.

Eksistensi dan aktualisasi mahasiswa di FISIP banyak di wadai dalam berbagai komunitas, baik komunitas fotografi, sinematografi, musik maupun jurnalistik cetak. Hal ini untuk memberikan wadah apresiasi maupun penyaluran bakat, hobi yang berkaitan dengan keilmuan di program studi ilmu komunikasi, ujar Kepala Program Studi Ilmu komunikasi Fitria W Roosinda, S,Sos, M.Si (del_fsp)

Share

22 Oktober 2014

LKMM kawah candradimuka BEM FISIP Ubhara

lkmm-fisip

Fisip Ubhara. Krisis kepemimpinan nasional menjadi daya tarik BEM Fisip untuk memberikan inovasi baru dalam latihan kepemimpinan mahasiswa. “Banyak hal baru dalam LKMM Latihan kepemimpinan manajemen mahasiswa tahun ini”, kata Faradilla Nurlita Gubernur BEM Fisip periode 2014-2015. Selain pemberian motivasi yang inspiratif, juga perilaku keteladanan yang diunggulkan, tambahnya.

LKMM berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 Oktober 2014 bertempat di Bumi Perkemahan kakek Bodo Prigen Pasuruan. Dengan suasana alamiah, dibawah pohon pinus dan bermalam di bawah tenda sangat mendukung atmosfir kegiatan.

Pada kesempatan itu Dekan Fisip Dra. Dewi Amartani, M.Si didampingi wakil dekan, ketua program studi dan kepala laboratorium datang ke lokasi untuk memberikan motivasi, spirit mengikuti pelatihan. “Kawah candradimuko ini adalah proses yang harus dilalui untuk menjadi pribadi yang tangguh dalam mencari ilmu”, dekan Fisip dalam sambutannya. (del_fsp)

Share

09 Oktober 2014

Gelaran Wisuda S1 Angkatan ke-43 & S2 ke-21

Admin

wisuda-2014

Pada hari Rabu, tanggal 8 Oktober 2014 bertempat di Masjid Nasional Al Akbar  Surabaya, Universitas Bhayangkara Surabaya mengadakan perhelatan akbar yaitu Wisuda sarjana. Pada perhelatan ini Ubhara Surabaya berhasil meluluskan  553 orang wisudawan, yang terdiri dari 453 wisudawan dari strata 1 dan 100 orang wisudawan dari Program Magister. Adapun rincian dari para wisudawan tersebut adalah,  142 Sarjana Hukum, 78 Sarjana ekonomi ( Manajemen), 102 Sarjana ekonomi (Akuntansi), 5 sarjana ekonomi ( Studi Pembangunan) 19 Sarjana Ilmu Administrasi Negara, 58 sarjana Ilmu Komunikasi , 18 Sarjana Teknik Elektro, 9 Sarjana Teknik Sipil , 22 sarjana Teknik Informatika sedangkan program Magister terdiri dari 72 Magister Hukum dan 28 Magister Ekonomi.
Dari sejak berdirinya pada tahun 1982 Universitas Bhayangkara Surabaya sudah berhasil mencetak 15.869 orang sarjana dan diharapkan para lulusan Ubhara Surabaya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Negara melalui bidang keilmuannya masing-masing.
Pada wisuda tahun ini peraih gelar wisudawan/wisudawati terbaik Fakultas Ekonomi adalah : Elsysah Ibnul Komala SE dari Prodi Manajemen dengan IPK 3,88, Windy Rizky Amelya Putri, SE dari prodi Ekonomi Pembangunan dengan IPK3,76 , Luhvita Hartatik, SE dari prodi akuntansi dengan IPK 3,79,
Wisudawan terbaik dari fakultas Teknik berhasil diraih oleh, Imam Syafi’I,ST dari Prodi Elektronika dengan IPK 3,32, Devi Nur Puspitasari, ST  dari prodi teknik sipil dengan IPK 3,44, Nur Hidayatus Naini, S.Kom dari prodi teknik Informatika dengan IPK 3,48.
Wisudawan terbaik dari fakultas Hukum diraih oh Marlina Aritonang, SH dengan IPK 3,68
Wisudawan terbaik dari ilmu Sosial dan Ilmu Politik diraih oleh,  Rita Puji Lestari,S.Sos dari Prodi Ilmu Adm. Negara dengan IPK3,48 sedangkan dari Prodi Ilmu Komunikasi diraih oleh ekka Puji Christiani,SIkom dengan IPK 3,70.
Sedangkan Wisudawan terbaik dari program magister, Sindi Refanda,SH.MH dari prodi magister Hukum dengan IPK 3,75 , Mulrasit,SE.MM dari prodi Magister Manajemen dengan IPK 3,78.
Dalam sambutannya Rektor Ubhara Surabaya, Brigjen Pol.Pur, Dr.Suharto, Drs, SH. MHum mengharapkan agar wisuda ini adalah momentum yang bernilai historis bagi mahasiswa dapat dijadikan awal untuk karir dan masa depan para wisudawan sehingga mampu bersaing untuk memperoleh taraf hidup lebih baik.

Share

03 Oktober 2014

Posdaya Binaan Peroleh Juara Harapan 3 Korwil 1 Jawa Timur

Admin

new-picture

Pada Hari Rabu 2 oktober 2014 bertempat di Ruang Serba Guna Universitas Negeri Surabaya, Posdaya / Kelompok Usaha Wanita “Jamu Nogosari” desa Nogosari kecamatan pacet menyabet juara harapan 3 tingkat Korwil 1 jawa Timur yang diselenggaran oleh Yayasan Sejahtera Mandiri.

Yayasan Sejahtera Mandiri yang di ketuai oleh Prof.Dr. Haryono Suyono (mantan menteri BKKBN) adalah yayasan yang bergerak dalam bidang pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Penganugrahan pemenang tersebut bersamaan dengan diadakannya pameran produk-produk binaan dari 12 Unversitas di Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut Ketua LPPM UBHARA , Drs.Ec. Nurul Qomari,MSI menginformasikan bahwa selama ini LPPM Ubhara Surabaya sudah mempunyai beberapa Posdaya binaan selain posdaya “Jamu Nogosari” antara lain, Posdaya seni hadrah “Sholawat Gunung Jati” desa nogosari dan posdaya jasa cuci baju “ Belor Laundry” desa kembangbelor kecamatan Pacet. Hal ini dilakukan oleh Universitas Bhayangkara Surabaya khsusunya oleh LPPM adalah salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian pada masyarakat.

new-picture-1

Share