29 September 2014

Meriahkan Yalla Indonesia 2014

yalla

yalla-2

yalla-3

Kairo, 15 s/d 22 September 2014, Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Komjen Polisi (Purn.) Drs. Nurfaizi Suwandi, MM membuka secara resmi “Yalla Indonesia 2014” di Hotel JW Marriott Kairo Mesir.“Yalla Indonesia” 2014 meliputi Trade Expo, Indonesian Higher Education Expo (IHEE) dan Workshop Culinary Bazaar, merupakan Pameran yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-69. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo Mesir bekerja sama dengan Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dikti Kemendikbud menggelar Pameran Pendidikan Tinggi Indonesia.

Yalla Indonesia berarti Let’s Go Indonesia dalam Bahasa Mesir. Perhelatan ini menjadi ajang promosi perdagangan, budaya dan pendidikan tinggi Indonesia. Menurut Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut, Mesir merupakan pusat peradaban Timur Tengah. Indonesia-pun kini berkembang menjadi pusat peradaban Asia. Harapannya, ajang ini dapat menyatukan persepsi dan makin mendekatkan hubungan kedua negara. Mantan Kepala Pelaksana Harian Badan Nasional Narkotika (Kalahar BNN) ini juga berharap masyarakat Indonesia tidak hanya belajar agama di Mesir, tetapi juga bidang-bidang lain. Misalnya kedokteran karena sejak ribuan tahun silam, Mesir telah menjadi pusat peradaban dunia. Terbukti bahwa masyarakat Mesir sejak dahulu telah membangun piramida dan mengawetkan jenazah (mumi).

“Al-Azhar University Cairo setidaknya memberikan beasiswa Rp. 23 Milyar untuk masyarakat Indonesia,” ujar Dubes Nurfaizi. Sebagai negara yang telah berkembang, beliau berharap Indonesia pun memberikan beasiswa kepada masyarakat Mesir. Hal ini menjadi salah satu poin yang dibahas dalam Joint Working Group on Higher Education (JWG-HE) antara Indonesia dan Mesir tanggal 18 September 2014 di Hotel Four Seasons Nile Plaza Kairo. Dalam JWG, para rektor sejumlah PTN/PTS Indonesia dan Mesir head to head membahas berbagai kemungkinan kerja sama, termasuk komitmen pemberian beasiswa. “Pertanian, perikanan, informasi, teknologi dan kedirgantaraan menjadi perhatian masyarakat Mesir saat ini,” ungkap Dubes Nurfaizi. Ia berharap yakin Indonesia mampu menjadi tujuan masyarakat Mesir untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Menurut Dubes Nurfaizi bahasa masih menjadi kendala utama masyarakat Mesir untuk kuliah di Indonesia. “Bagi mereka, enam bulan terlalu lama jika hanya untuk belajar bahasa saja,” ucap Dubes. Untuk mengatasi masalah ini, Jurusan Bahasa Indonesia telah dibuka di The Suez Canal University dan Cairo University. Salah satu pengunjung pameran, Saro Yasri tertarik untuk kuliah komunikasi di Indonesia. Perkembangan industri media di Indonesia menjadi magnet bagi calon mahasiswa asing untuk kuliah di Indonesia. Sedangkan pengunjung lainnya, Mustofa mengungkapkan ketertarikannya untuk kuliah Sastra Inggris di Indonesia. “Biaya kuliah di Indonesia tidak terlalu mahal,” ujar Mustofa. Saat ini, ia masih menempuh pendidikan di Fakultas Tehnik Mesin di salah satu kampus di Mesir. Selain itu, Kholid Mahmud, siswa menengah atas, ingin sekali kuliah Sastra Jepang di Indonesia. “Di Indonesia banyak sekali kebudayaannya,” ujar Khalid. Kebudayaan Indonesia yang beragam memang menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa asing untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia. Salah seorang pengunjung stand Pameran UBHARA Surabaya, Loay Serage warga Mesir juga berminat melanjutkan studi di Prodi Magister Manajemen UBHARA Surabaya. Pengunjung ini sangat antusias menanyakan tentang prosedur, persyaratan, bahasa pengantar, biaya kuliah di prodi tersebut dan biaya hidup (living-cost) di Surabaya, termasuk prosedur dan kemungkinan untuk mendapatkan Beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk studi lanjut di Prodi S2 Manajemen UBHARA Surabaya.

Setidaknya, ada 16 PTN/PTS yang turut serta berpartisipasi dalam ajang ini. Antara lain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Bhayangkara (UBHARA) Surabaya, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Tadulako (Untad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang, Universitas Muhammadiyah (UM) Surakarta, Telkom University dan Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Dari 16 PTN/PTS tersebut, UBHARA Surabaya termasuk dalam 11 Perguruan Tinggi Peserta yang berpartisipasi di IHEE 2014 atas bantuan (hibah) dari Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dikti Kemendikbud. Sedangkan perguruan tinggi lainnya berpartisipasi pada pameran atas biaya mandiri. Delegasi UBHARA Surabaya pada ajang IHEE 2014 adalah Amirullah, ST, MT, (Kepala Lembaga Kerjasama-Dalam dan Luar Negeri) dan Murry Darmoko Moersidin, SHI, MA. (Dosen Fakultas Hukum). Dua perwakilan tersebut tergabung dengan peserta pameran asal PTN/PTS lain dan delegasi dari Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Dikti Kemendikbud dengan total jumlah anggota rombongan berjumlah 38 orang (Mir-Lks).

Share

29 September 2014

Fisip bersilaturrahmi dengan orang tua/wali mahasiswa

Admin

orang-tua

Ubhara. Sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada orang tua/wali mahasiswa baru, Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengadakan acara silaturrahmi. Acara digelar pada Jum’at 26 September 2014 jam.10.00-11.00 Wib di Gedung Fisip lantai III. Materi pokok acara ini adalah ucapan terimakasih dari Fisip kepada orang tua/wali mahasiswa telah mempercayakan putra-putrinya kuliah di Fisip Ubhara.

Dekan Fisip Ubhara Dra. Dewi Amartani, M.Si didampingi Wadek I M. Fadeli, S.Sos, M.Si dan Wadek II Dra. Tri Prasetijowati, M.Si. Menyampaikan substansi acara ini adalah adanya komunikasi antara pihak fakultas dan orang tua mahasiswa. Untuk memastikan proses perkuliahan berjalan lancar dan jika ada kendala dapat berkonsultasi dengan pimpinan fakultas, jelas Bu Dewi.

Sekitar seratus orang tua mahasiswa semester I Fisip hadir dan antusias mengikuti paparan dekan dan wakil dekan Fisip. Dengan dipandu Wadek I M. Fadeli, S.Sos, M.Si acara diawali paparan oleh dekan dilanjutkan tanya jawab. Salah satu orang tua menyampaikan apresiasi pada kegitan seperti ini, baru kali ini ditemui tambahnya. Secara tradisi sarasehan digelar di awal perkuliahan untuk meningkatkan atmosfir akademik, semoga manfaat. (del_fsp)

Share

29 September 2014

Kuliah Dosen Tamu “Literasi Media”

kuliah-tamu-fisip

Ubhara. Keprihatinan atas fenomena yang diakibatkan oleh media massa maupun sosial media, program studi Ilmu Komunikasi Fisip menggelar kuliah dosen tamu. Acara digelar di lantai III Fisip (Kamis,25/9) tersebut hadir sebagai nara sumber ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) daerah Jatim Maulana Arif, S.Sos, Dr. Aprilani, M.Si ketua ASPIKOM Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi Jawa Timur serta Drs. Isa Ansori, M.Psy Ketua Hotline Pendidikan. Kuliah dosen tamu “Literasi Media Pembelajaran Publik” di buka secara resmi Wakil Dekan I M. Fadeli, S.Sos, M.Si.

Menurut Fadeli dalam sambutannya mengatakan media massa memiliki pengaruh tertentu bagi khalayaknya. Sedalam apa pengaruhnya, sangatlah tergantung dari khalayaknya itu sendiri. Tergantung individu memahami, mencerna dan menginternalisasi atau menolak isi pesan media. Disinilah pentingnya edukasi media literasi bagi masyarakat, sebab dengan media literasi yang baik, masyarakat mampu menjadi pengaruh bagi media, bukan malah sebaliknya, tegasnya.

Kuliah dosen tamu ditutup secara resmi oleh dekan Fisip Dra. Dewi Amartani, M.Si, yang sebelumnya dilakukan penandataangan MoU antara Fisip dan para pihak. (del_fsp).

Share

17 September 2014

Skep Pembina YBBDJ ( Skep/38/IX/2014/YBBDJ )

Admin

Tentang Perubahan dari Kewajiban SPP yang wajib dibayar oleh Mahasiswa Program S1 adalah Selama 4 tahun atau 8 semester.

Skep terlampir download di link ini

Share

16 September 2014

Visitasi Prodi Manajemen

Admin

visitasi-prodi-manajemen

Fakultas ekonomi program studi manajemen merupakan salah satu prodi unggulan di Ubhara Surabaya, dan pada tahun akademik 2014/2015 menerima ± 200 mahasiswa baru, guna meningkatkan pelayanan dan kualitasnya pada senin 15 september 2014 menerima kunjungan visitasi akreditasi dari Ban-PT.

Adapun ada dua asesor yang menilai yaitu ; Prof. Cristiantius dwiatmadja dari Universitas Kristen Satya Wacana dan Prof. Ria Mardiana Yusuf dari Universitas Hasanudin. Persiapan sedemikian rupa telah dipersiapkan guna menyambut kedatangan Tim Asesor, visitasi diawali dengan acara tatap muka oleh Rektor dan dihadiri oleh Dekan, PD, Kaprodi dan para dosen Fakultas Ekonomi. Kegiatan visitasi ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari sampai pada hari selasa 16 september 2014.

Suasana hangat terasa selama kegiatan visitasi tim asesor karena disamping melakukan visitasi dan pemeriksaan borang akreditasi, tim asesor juga memberikan pembinaan berupa arahan dan masukan positif bagi peningkatan pengelolaan manajemen pendidikan tinggi diubhara. Dan tak lupa Dekan fakultas Ekonomi Dra.Ec. Cholifah, MM mohon doa kepada seluruh civitas akademika ubhara Surabaya agar pada visitasi tahun ini prodi Manajemen dapat meningkat statusnya dari B menjadi A. Amin.

Share

08 September 2014

Kirim Lagi 10 Mahasiswa ke Thailand (Joint Degree)

Admin

new-picture-9

Ubhara, September 2014, Sepuluh mahasiswa Kelas Internasional Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya siap diberangkatkan ke Negeri Gajah Putih Thailand. Setelah melalui tahapan Seleksi Akademik, Tes Toefl dan Tes Psikologi kini menyiapkan keperluan adminstrasi lainnya. Sepuluh mahasiswa terdiri tiga mahasiswa Teknik Elektro, satu mahasiswa Teknik Informatika dan enam mahasiswa Ekonomi Manajemen akan melakukan Studi Program Joint Degree di Rajamangala University of Technology Tanyaburi (RMUTT) Thailand selama dua semester (satu tahun) sejak September 2014 s/d Agustus 2015. Pengiriman mahasiswa studi ke RMUTT Thailand merupakan kali keempat sejak pertama kali dilaksanakan pada 2010.

Berdasarkan surat dari Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar negeri (BPKLN) Kementrian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) Tanggal 20 Agustus 2014, Mahasiswa Ubhara Surabaya atas nama Kurniasari, Akhmad Fathur Rizki, Achmad Zain Antok Wahyudi (Teknik Elektro), Indra Dwi Permana (Teknik Informatika) serta Frendika Eko Karyanto, Rossi Ullyl Azmi, Dimas Candra Ardianto, Ikhsanul Ariski, Febriyanti Dian Suminar, Ni Putu Lia Cahya Paramitha (Ekonomi Manajemen) mendapatkan Beasiswa Unggulan Luar Negeri dari BPKLN Kemendikbud untuk melakukan Studi Program Joint Degree di RMUTT Thailand. Selain dari BPKLN Kemendikbud, 10 mahasiswa juga mendapat subsidi beasiswa luar-negeri dan tiket keberangkatan (pesawat) dari Yayasan Brata Bhakti Jawa-Timur (YBBDJ) sebagai yayasan yang menaungi Ubhara Surabaya.

Pada acara pelepasan keberangkatan 10 mahasiswa, pada Jum’at 5 September 2014 bertempat di Ruang Seminar, mereka mendapat wejangan dari Sekretaris Pengurus Yayasan YBBDJ dan Rektor Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum disaksikan oleh orang-tua/wali 10 mahasiswa dan civitas academika di lingkungan Ubhara Surabaya. Pada penjelasannya, baik Rektor Ubhara Surabaya maupun Sekretaris Pengurus YBBDJ menyampaikan agar mereka mampu menjaga diri, selalu semangat belajar, memanfaatkan beasiswa dengan amanah serta jangan lupa jaga nama baik almamater. Sesuai rencana 10 mahasiswa dan Dua Dosen Pendamping Ubhara Surabaya (Diana Rapitasari, SE, MM. dan Agni Udayati, S.Pd, M.I.Kom) akan terbang ke Thailand pada Kamis, 11 September 2014 menggunakan Maskapai Garuda Indonesia Airways


Share

03 September 2014

Sepuluh Mahasiswa Terima Beasiswa Unggulan Luar Negeri

Admin

beasiswa-bpkln-20143

Ubhara, Agustus 2014, Sepuluh mahasiswa Kelas Internasional Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya siap diberangkatkan ke Negeri Gajah Putih Thailand. Setelah melalui tahapan seleksi akademik, tes Toefl dan tes psikologi kini menyiapkan keperluan adminstrasi lainnya. Sepuluh mahasiswa terdiri tiga mahasiswa Teknik Elektro, satu mahasiswa Teknik Informatika dan enam mahasiswa Ekonomi Manajemen akan melakukan studi di Rajamangala University of Technology Tanyaburi (RMUTT) Thailand selama dua semester (satu tahun) sejak September 2014 s/d Agustus 2015.

Berdasarkan surat dari Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar negeri (BPKLN) Kementrian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud), Mahasiswa Ubhara Surabaya atas nama Kurniasari, Akhmad Fathur Rizki, Achmad Zain Antok Wahyudi (Teknik Elektro), Indra Dwi Permana (Teknik Informatika) serta Frendika Eko Karyanto, Rossi Ullyl Azmi, Dimas Candra Ardianto, Ikhsanul Ariski, Febriyanti Dian Suminar, Ni Putu Lia Cahya Paramitha (Ekonomi Manajemen) mendapatkan Beasiswa Unggulan Luar Negeri dari BPKLN Kemendikbud.

Dalam rangka persiapan keberangkatan 10 mahasiswa tersebut, pada Jum’at 22 Agustus 2014 bertempat di Ruang Seminar, mereka mendapat wejangan dari Ketua Pengurus Yayasan Brata Bhakti Daerah Jatim (YBBDJ) Dra. Puji Astuti, MM dan Rektor Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum. Pada penjelasannya, baik Rektor maupun Ketua Pengurus YBBDJ menyampaikan agar mereka mampu menjaga diri, selalu semangat belajar, memanfaatkan beasiswa dengan amanah serta jangan lupa jaga nama baik almamater (del_hum).

Share

03 September 2014

Rektor Kukuhkan Mahasiswa Baru 2014

Admin

pengukuhan-maba-2014

Ubhara. Melalui Rapat senat terbuka Rektor Ubhara Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum (senin/1/9/2014) mengukuhkan mahasiswa baru tahun akademik 2014-2015. Setelah melalui proses pengenalan kegiatan kehidupan mahasiswa baru (PKKMB) dari tanggal 23 hingga 26 Agustus 2014.

Dengan disaksikan segenap anggota senat universitas para mahasiswa baru secara simbolik dilakukan penyematan topi dan jaket almamater oleh Rektor. Selanjutnya para mahasiswa baru membacakan ikrar mahasiswa Ubhara.

Dalam sambutannya Rektor berpesan agar para mahasiswa baru segera menyesuaikan diri dengan dinamika dan atmosfir akademik. Karena terdapat perbedaan lingkungan pergaulan dan suasana belajar antara di SMA dan di kampus. Jadilah putra-putri harapan bangsa kedepan tantangan dan peluang semakin ketat oleh karena itu bekali diri dengan iman dan ilmu pengetahuan, Rektor menambahkan.

Setelah dilakukan penerimaan melalui prosesi pengukuhan mahasiswa baru TA.2014-2015 terdiri dari mahasiswa fakultas hukum, ekonomi, teknik dan Fisip selanjutnya menuju fakultasnya masing-masing untuk melakukan pengisian KRS on line dan perwalian. Sesuai kalender akadmik minggu depan mahasiswa semester 1 akan mengikuti perkuliahan. (del_hum)

Share

27 Agustus 2014

Seribu Lebih Mahasiswa Ikuti Pembukaan PKKMB

Admin

pembukaan-pkkmb7

Ubhara Agustus 2014, Tahap awal sebelum memasuki masa perkuliahan mahasiswa baru Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya mengikuti rangkaian Kegiatan PKKMB. Pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru tahun ini diikuti oleh seribu lebih calon mahasiswa baru dan secara resmi dibuka oleh Rektor Ubhara Surabaya Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum pada Selasa, 26 Agustus 2014 dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Lembaga/Badan/Biro, dan pejabat di lingkungan Ubhara Surabaya.

Para calon mahasiswa baru akan mengikuti PKKMB sejak Hari Selasa, 26 s/d 30 Agustus 2014. Menurut Jadwal Kegiatan PKKMB, Selasa, 26 Agustus s/d Sabtu, 30 Agustus 2014 kegiatan dilaksanakan oleh Panitia Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas dan pada Rabu s/d Jum’at, 27 s/d 29 Agustus 2014 kegiatan selanjutnya diselenggarakan oleh BEM empat fakultas di lingkungan Ubhara Surabaya.

Berbagai macam kegiatan pengenalan kampus telah disiapkan panitia. Semarak PKKMB bisa terlihat dari berbagai macam atribut yang dikenakan mahasiswa baru. Mulai dari tas, pita, kaos kaki hingga papan dada. Yang dibedakan bentuk dan warnanya disesuaikan warna identik fakultas masing-masing (del_hum).

Share

21 Agustus 2014

Kalender Kegiatan Akademik T.A 2014/2015

Admin

VERSI PDF

VERSI DOC

Share