03 April 2014

Ubhara menyongsong ASEAN Community 2015

asean-community-2015

Ubhara. Sejalan dengan ekspansi kerjasama Universitas Bhayangkara Surabaya dengan Perguruan Tinggi luar negeri ditandai dengan berkibarnya bendera Negara-negara Asean halaman kampus. Di Surabaya, selain kampus Ubhara terdapat kampus-kampus lain yang memasang bendera Asean diantaranya ITS, Unair, Unesa, dan Universitas Wijayakusuma.

Pengibaran bendera Asean sebagai perwujudan kampus yang bersangkutan telah kerjasama dengan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Asean community sudah didepan mata, kedepan batas-batas antar negara semakin menipis. Dalam bidang ekonomi, pendidikan, budaya kompetisi akan semakin ketat. Karena masing-masing Negara di Asia tenggara berpeluang melakukan ekspansi. Hal ini dibutuhkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Ubhara Surabaya sejak lima tahun yang lalu telah melakukan pembenahan guna menyongsong Asean community. Melalui kerjasama joint degree, dual degree dengan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara maupun kawasan lainnya. Ubhara telah siap menyongsong globalisasi pendidikan. Sudah dibuktikan dengan pengiriman mahasiswa ke luar negeri dan menerima mahasiswa asing kuliah di Ubhara. (del).

Share

28 Maret 2014

Studi Banding Kerjasama Internasional Ubhara Jaya

studi-banding-ubhara-jaya

Ubhara. Universitas Bhayangkara Surabaya mendapat tamu kehormatan dari saudara kandung Universitas Bhayangkara Jakarta (Kamis, 27/3). Rombongan diterima Rektor Ubhara di ruang seminar. Mendampingi Rektor, Ketua Pengurus Yayasan Brata Bhakti Daerah Jatim (YBBDJ) Dra. Puji Astuti, MM beserta jajarannya. Turut mendampingi juga para Wakil Rektor, para dekan dan kepala lembaga, Biro.

Rombongan Ubhara Jaya dipimpin oleh Dr. Charles Bohlen Wakil Rektor I Bidang Akademik. Turut dalam rombongan Dr. Edison Panjaitan Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Syahrir Kuba, SIK, S.Sos, MM Dekan Fakultas Hukum dan Prof.I.Made Widyana KPS Magister Hukum. Rangkaian acara studi banding diawali dengan sambutan penerimaan oleh Rektor Ubhara Surabaya Dr. Suharto, drs, SH, M.Hum dilanjutkan sambutan dari pihak tamu oleh Warek I Dr. Charles Bohlen.

Sebagai bentuk sharing kerjasama internasional Amirullah ST, MT memaparkan rencana strategis dan capaian Ubhara Surabaya dalam hal kerjasama Internasional. Dilanjutkan dengan presentasi peluang kerjasama internasional oleh Prof,Dr.H. Didik Sulistyanto dari Unej Jember.

Ubhara Surabaya dalam hal kerjasama internasional telah lebih dulu melakukan MoU, MoE dengan kampus-kampus di Thailand dan India. Sehingga Ubhara Jaya berkepentingan melakukan penjajakan, menimba ilmu bagaimana pengalaman melakukan kerjasama dengan pihak luar negeri, ujar Dr. Charles Bohlen. Dalam kesempatan itu juga dibuka sesi Tanya jawab kedua belah pihak. Baik pihak Ubhara Surabaya dan Ubhara Jakarta saling memberikan masukan-masukan guna memperkuat institusi. (del)

Share

27 Maret 2014

Silaturrahim dengan pengurus YBBDJ baru

pengurus-ybbdj-baru

Ubhara. Selamat datang ketua pengurus Yayasan Brata Bhakti Daerah Jatim (YBBDJ) Kombes Pol (purn) Dra. Puji Astuti, MM. Selamat mengemban amanah, itulah sepenggal sambutan Rektor Universitas Bhayangkara Surabaya dalam acara silaturrahim dengan Ketua Pengurus YBBDJ baru beserta jajarannya. Pertemuan pertama Ketua Pengurus YBBDJ dengan Rektor, para wakil Rektor, para Dekan, Kepala Lembaga, Biro,Badan dilingkungan Ubhara berlangsung dalam suasana kekeluargaan (Rabu, 26/3). Bertempat di ruang seminar Bu Puji sapaan akrabnya mengenalkan diri sekaligus menyampaikan komitmen dan harapannya sebagai ketua pengurus baru menggantikan Drs.Suhandono, MM yang mengakiri masa bhaktinya.

Tiga bulan setelah pensiun dari Polri Kombes Pol (Purn) Dra. Puji Astuti, MM kini bergabung dengan institusi yang berbeda dengan tugas-tugasnya semasa di Polri. Mantan kabid Humas Polda Jatim tersebut mengemban tugas terakir sebagai Direktur Binmas Polda Jatim. Dan kini kedepan akan banyak berkecimpung untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di Ubhara. Secara historis Bu Puji turut membidani berdirinya Universitas Bhayangkara menjadi tenaga pengajar ketika posisi kampus masih di daerah Ngaglik Surabaya. Cerita lebih lanjut semasa masih berpangkat Letnan Polisi selepas dinas menjadi pengajar di Ubhara dengan kondisi kampus masih banjir. Sehingga agar ketika mengajar tidak basah sepatunya dilepas, celana dilinting.

Diakhir sambutannya Bu Puji yang didampingi sekretaris dan bendahara YBBDJ menyampaikan pesan “jangan ada dusta diantara kita” artinya selaku ketua pengurus baru akan melaksanakan tugas secara transparan dan akuntabel. Kuncinya adalah komunikasi, jangan sampai ada kebuntuan komunikasi, tambahnya. Setelah pertemuan dilanjtkan meninjau gedung Ormawa serta fasilitas lainnya. (del)

Share

24 Maret 2014

Kejuaraan Bola Voli antar SMA se Jatim

volly1

Ubhara. Berlangsung selama tiga hari dimulai babak penyisihan Sabtu dan Minggu 22, 23 Maret 2014 dan dipungkasi babak final Senin 24 Maret 2014. Kejuaraan kompetisi Bola Voli antar SMA se Jatim digelar di halaman kampus Universitas Bhayangkara Surabaya. Diikuti dua belas tim Bola Voli SMA, SMK. Setelah melalui pertandingan yang ketat dan menegangkan akhirnya tim bola voli SMA 18 Surabaya berhak menggondol tropy tetap dan hadiah uang tunai Rp. 1.500.000,-. Juara II diraih SMA 10 Surabaya berhak mendapatkan tropy tetap dan uang tunai 1.000.000 serta SMK Penerbangan Dharma Wirawan Sedati Sidoarjo keluar sebagai juara III mendapatkan tropi tetap dan uang tunai Rp. 500.000,-.

Bunyi tetabuhan, teriakan masing-masing supporter turut menyemarakkan final bola voli antar SMA se Jatim (senin, 24/3). Pertandingan babak final cukup seru dan alot antara SMA 18 dan SMA 10 Surabaya. Namun demikian suasana fair play, sportif ditunjukkan oleh masing-masing tim. Kehadiran supporter cukup menghangatkan dan menambah semangat bertanding, ujar salah satu pemain dari SMA 18 Surabaya.

Penyerahan hasil juara berupa tropi dan uang tunai oleh Pembina UKM Bola Voli H.Sutopo, SE, MM. dalam sambutannya sebelum menyerahkan tropi mengatakan permintaan ucapan terima kasih kepada para guru, pelatih dan pendamping yang dengan sabar penuh motivasi mendampingi para siswanya selama tiga hari, dan mengucapkan selamat kepada pada para juara. Jangan pernah putus asa, berlatih terus dan semangat itulah kunci sukses, Sutopo menambahkan. (del)

Share

03 Maret 2014

Peresmian Mini Bank Fakultas Ekonomi Ubhara

mini-bank-ubhara

Ubhara. Telah dirintis sejak tahun 2002 akhirnya Mini Bank Fakultas Ekonomi Ubhara Surabaya diresmikan. Drs.Suhandono, MM Ketua Pengurus Yayasan Brata Bhakti Daerah Jatim melakukan pemotongan pita (Senin, 3/3/2014) didampingi Wakil Rektor I Dr. A. Joko Sumaryanto. Selain meresmikan Mini Bank Jatim Ubhara juga diresmikan Bank Jatim Ubhara. Hal ini berkat kerjasama yang di galang dengan Bank Jatim Cabang Pembantu Rajawali Cabang Perak.

Rangkaian acara peresmian fasilitas praktik mahasiswa Fakultas Ekonomi Ubhara selain pemotongan pita juga diisi dengan sekapur sirih Dekan Ekonomi Hj. Dra. Cholifah, MM, sambutan Ketua Pengurus Yayasan Brata Bhakti Daerah Jatim (YBBDJ) dilanjutkan sambutan Pimpinan Cabang Pembantu Rajawali Cabang Perak Beny Nugroho.

Dalam sambutannya Drs. Suhandono, MM mengatakan agar dimaksimalkan fasilitas yang ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sedangkan Beny Nugroho berpesan bahwa antara mini Bank dan Bank jatim Ubhara saling keterkaitan. Mahasiswa dapat praktik di mini bank dan dilanjutkan magang di Bank jatim Ubhara. Ada juga program yang cukup menantang bagi mahasiswa yaitu program interpreneurship, bagaimana menciptakan peluang kerja, Beny menambahkan.

Untuk meningkatkan kualitas lulusan, keberadaan laboratorium sangat dibutuhkan. Para dosen dapat memanfaatkan fasilitas ini sebagai media pembelajaran. Sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman empiric dalam dunia perbankan, kata Dekan Fakultas Ekonomi Dra.Hj.Cholifah, MM. Keterbatasan fasilitas pembelajaran dilakukan upaya solutif dengan menggandeng dunia industri melalui dana CSR dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Hj.Cholifah menambahkan. (del)

Share

21 Februari 2014

Workshop BFKSI 2014

workshop-bfksi

Ubhara. Salah satu keberhasilan pengelolaan perguruan tinggi adalah adanya pengakuan internasional International Recognitions. Oleh karena itu setiap perguruan tinggi negeri maupun swasta berlomba menjalin kerjasama dengan kampus-kampus di luar negeri. Universitas Bhayangkara Surabaya sejak tiga tahun yang lalu telah melebarkan sayapnya bekerjasama dengan kampus-kampus di Thailand maupun India.

Untuk meningkatkan kerjasama luar negeri Ubhara menyelenggarakan acara workshop penyusunan proposal bantuan fasilitasi kerjasama internasional (BFKSI) Kamis, 20 Pebruari 2014 di ruang seminar. Dengan nara sumber Prof.Dr.Ir.H. Didik Sulistyanto dari Universitas Jember. Mantan atase pendidikan di Bangkok Thailand tersebut memaparkan strategi, prosedur pembuatan proposal penguatan lembaga kerjasama internasional. Untuk tahun ini Ubhara menindaklanjuti pembuatan proposal untuk program studi elektronika dan administrasi Negara.

Disamping itu Prof. Didik juga memaparkan peluang merebut dana beasiswa pendidikan dan penelitian dari Lembaga Pengelola Dana Penelitian (LPDP). Lembaga dibawah Kementrian Keuangan tersebut tahun ini mengalokasikan dana 16 triliun untuk keperluan beasiswa dan biaya pendidikan lanjut. Peluang besar bagi dosen Ubhara untuk mendapatkan dana maksimal 1,8 miliar per tahun untuk biaya penelitian, ungkap Prof Didik. (del)

Share

19 Februari 2014

Edu Fair di berbagai daerah

edu-fair-humas

Ubhara. Tidak sekedar membagi brosur tapi bagaimana mengedukasi para siswa SMA, SMK, MA yang hadir di stand edu fair di berbagai daerah. Lembaga Humas Ubhara Surabaya sebagai kepanjangan tangan kampus melakukan road show di berbagai daerah. Kegiatan edu fair menjadi salah satu agenda tetap untuk melakukan promosi kampus. Sejak bulan oktober 2013 hingga pebruari 2014 sudah menjelajahi di berbagai kota mulai dari kota terdekat Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto hingga Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Madiun, Tulungagung, Kediri, Situbondo, Bojonegoro serta wilayah Madura.

Universitas, Sekolah Tinggi, Akedemi, lembaga profesi di Jawa Timur maupun luar Jatim memanfaatkan momen edu fair ini. Bahkan belakangan Perguruan Tinggi Negeri PTN yang nota bene memiliki pangsa pasar tetap juga turut merebut pangsa pasar PTS melalui edu fair. Penyelenggaraan edu fair atas kerjasama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Setiap kampus melakukan berbagai macam pendekatan persuasive kepada calon mahasiswa. Universitas Bhayangkara Surabaya tak luput dengan strategi khusus yang dapat menarik perhatian pengunjung. Brosur, pamflet, dan cinderamata merupakan sarana penunjang. Akan tetapi menurut pengalaman Puguh Wawan Kabag Humas mengatakan bahwa para siswa cukup kritis untuk mendapatkan informasi. Mulai dari menanyakan akreditasi prodi, mata kuliah masing-masing prodi, fasilitas, hingga pembayaran.

Persaingan antar perguruan tinggi makin ketat akan tetapi tetap dalam koridor utama setiap edu fair memberikan pengetahuan tentang pendidikan tinggi, memberikan pemahaman kampus dengan berbagai potensinya, selebihnya siswa yang memutuskan untuk kuliah dimana, wawan menambahkan. Data statistik penerimaan mahasiswa baru setiap tahun menunjukkan kecenderungan meningkat dari pengaruh edu fair. (del).

Share

17 Februari 2014

KKN Gelar Produk UKM

kkn-produk-ukm

Pacet-Ubhara. Berbeda dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebelumnya. KKN ini kali lebih pada pemberdayaan potensi desa. Warna pemberdayaan masyarakat Desa sangat kental hal ini dibuktikan dengan acara gelar produk UKM hasil binaan mahasiswa (senin 3/2). Berbagai macam bahan olahan hasil pelatihan dengan masyarakat berbahan ketela. Ada ketela di olah jadi klepon, bronis, roti kukus, kik dan lain-lain. Disamping itu ada juga minuman dari jahe, kencur, kunir yang memiliki cita rasa dan kasiat. Pameran produk UKM hasil binaan mahasiswa KKN ini di gelar di pendopo Kepala desa Candi Rejo Kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto. Dihadiri oleh Muspika, Kepala Desa dan Perangkat, ibu-ibu PKK Rektorat serta pengurus Yayasan Brata Bhakti Daerah Jatim.

Dalam kesempatan itu Rektor Ubhara Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum meresmikan hasil kegiatan baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Yang tidak kalah pentingnya Rektor juga meresmikan website www//http.candirejo.desa.id dan penancapan nama-nama jalan. Hasil karya mahasiswa yang diserahkan kepada Desa Candirejo untuk dikelola. Serta dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi Desa ujar Ketua KKN RM.Bramastyo KN, SH, SE, MM, M.Kn.

Selama dua puluh hari terbagi dua gelombang dari tanggal 27 Januari hingga 5 Pebruari 2014. Peserta KKN melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di dua desa yaitu Desa candirejo dan Kesimantengah. Secara fisik Nampak hasil KKN berupa renovasi Pos kamling, pengadaan tempat sampah, pembuatan lapangan olah raga, parkir Masjid, MCK, papanisasi jalan Desa dan lain-lain. Sedangkan secara non fisik berupa pelatihan kewirausahaan, penyuluhan hukum dan bahaya Narkoba, penyuluhan KDRT dan hukum waris serta bimbingan belajar. (del)

Share

04 Februari 2014

Ubhara joint degree dengan Perguruan Tinggi India

Admin

vit-join-deggree

Ubhara. Selasa 4 Pebruari 2014 Rektor Universitas Bhayangkara Surabaya melepas dua mahasiswa teknik elektro berangkat ke India untuk melanjutkan studi dalam program joint degree dengan Vellore Institute of Technology. Adalah Efraim Yuli Prasetya dan Sulung Jati Endro Waskito didampingi orang tuanya mendapat wejangan Rektor Dr. Suharto, Drs., SH,. M.Hum di ruang seminar. Turut hadir dalam pelepasan itu ketua pengurus yayasan brata bhakti daerah Jatim Drs.H.Suhandono, MM para wakil Rektor serta jajaran Dekan dilingkungan Ubhara Surabaya.

Dalam wejangannya Dr. Suharto mengatakan agar mahasiswa benar-benar memanfaatkan kesempatan emas ini. Negara membiayai kuliah di India dengan maksud untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Disamping itu agar mahasiswa menguatkan tekat, kalau orang lain bisa kita harus bisa, tambahnya.

Kedua mahasiswa teknik elektro Ubhara Surabaya tersebut mendapatkan beasiswa dari Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud. Masing masing mahasiswa mendapat beasiswa sebesar 6600 $ per tahun, diperuntukkan biaya kuliah,penginapan, makan dan internet. Kata Dr. Bambang Purwahyudi, MT Dekan Fakultas Teknik, ditemui saat acara penyerahan tiket pesawat.

Share

24 Desember 2013

Fisip Ubhara Tuntaskan Kegiatan Akademik

studi-banding-pelatihan-fisip

Ubhara. Dipenghujung tahun 2013 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bhayangkara Surabaya menuntaskan beberapa agenda akademik yang sempat tertunda. Diawali Program studi Ilmu Komunikasi melakukan lawatan ke kota gudek Jogjakarta. Selama tiga hari rombongan yang dipimpin koordinator pelaksana Dra. Ita Kusuma, M.Si melakukan berbagai aktifitas kunjungan maupun pelatihan. Tanggal, 12 Desember 2013 berkunjung dan pelatihan singkat proses produksi audio visual di MMTC Jogjakarta. Pelatihan dilaksanakan dari pukul 09.00 Wib hingga 15.00 Wib. Selain mahasiswa dan dosen mendapat pendalaman produksi audio visual juga berkesempatan melihat studio TV, Radio.

Setelah banyak mendapat pengetahuan di kampus MMTC rombongan bertandang ke kampus UPN Veteran Jogjakarta. Mahasiswa dapat melihat langsung berbagai macam fasilitas laboratorium TV, Lab Radio, lab Fotografi, lab disain grafis dan ruang konfrensi pers. Dalam kunjungan tersebut Dekan Fisip Dra. Dewi Amartani, M.Si berkesempatan tukar menukar informasi dan tukar menukar cinderamata dengan Dekan Fisip UPN Jogjakarta Drs.Asep S, M.Si. Dihari ketiga tanggal 13 Desember 2013 rombongan mendapatkan pengalaman yang tidak ditemukan di kelas yaitu sharing dengan Humas Phoenix Hotel Jogjakarta. Selama ini hanya belajar teori dari dosen di kelas kini mendapat cerita langsung dari praktisi humas kata Chusnul mahasiswa semester 5 konsentrasi humas. Pasti akan sangat bermanfaat untuk kajian pembuatan skripsi kedepan, tambahnya.

talk-show

Perhelatan selanjutnya digelar Talk Show dalam rangka pemberdayaan pemilih pemula Pilpres 2014. Acara tersebut didukung oleh RRI Surabaya dan KPUD Jatim. Digelar pada tanggl 19 desember 2013 di halaman depan kampus Ubhara Surabaya. Acara yang bertajuk Kampus Cerdas Pemilih Pemula cerdik menghasilkan Pemilu berkualitas tersebut diikuti para dosen dan mahasiswa Fisip Ubhara. Acara yang disiarkan secara live tersebut hadir sebagai nara sumber Dra. Ratna Setyarahajoe, M.Si dosen Fisip Ubhara, Kepala RRI Surabaya dan anggota KPU Jatim Najib Hamid. Dalam kesempatan itu Rektor Ubhara Dr. Suharto, Drs, SH, M.Hum melakukan penandatangan MoU dengan kepala RRI Surabaya. Menurut PJs Kepala Program studi Ilmu Komunikasi Fisip Ubhara bahwa forum seperti ini akan menjadi media literasi, agar penikmat media massa lebih berdaya tidak mudah terkooptasi tayangan media, kusunya informasi tentang Pemilu , tegasnya.

pelatihan

Berikutnya adalah program studi Administrasi Negara/Publik melakukan kuliah kerja lapangan (PKL). Bekerjasama dengan Dinas Informasi dan Komunikasi Profinsi jawa Timur. Dalam PKL tersebut mahasiswa mendalami tentan elektronik government. Hadir di kampus Ubhara dalam kuliah tamu Ir. Djoko Pirwono, MT Kepala Bidang Pengembangan IT Diskominfo Jatim. Acara dilanjutkan kunjungan di Diskominfo Jatim Jalan Rajawali Surabaya. Dalam kunjungan tersebut 40 mahasiswa dan didampingi para Dosen belajar langsung tentang E-Government, baik secara teknis maupun bagimana mengelola content media informasi. Berbagai macam pertanyaan mahasiswa dipandu Kepala Program Studi Administrasi Negara/Publik Drs.H.Herman Moeis, BSc., dengan tiga nara sumber pejabat Diskominfo Jatim. (del)

Share